Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor Capai 59 Miliar Pada Januari 2014

Kamis, 06 Februari 2014 09:11 WIB

PADANG . Meskipun masih berada di awal tahun, penerimaan pajak kendaraan bermotor Samsat Padang sudah mencapai Rp 59.485.849.600.

 

Banyaknya penerimaan pajak kendaraan bermotor tersebut disebabkan pihak leasing ataupun showroom  banyak memberikan kemudahan kepada pemilik kendaraan baru dalam membayar pajak, sehingga konsumen berlomba-lomba membeli kendaraan.

 

Kemudahan tersebut seperti memberikan diskon khusus kepada pembeli, DP kendaraan bermotor masih rendah, serta kemudahan enam bulan tidak membayar pajak, serta kemudahan-kemudahan lainnya.

 

Kepala UPTD Samsat Padang Jaya Isman kepada Sumbarpost.com mengatakan untuk penerimaan pajak kendaraan bermotor pada Januari ini cukup bagus. Hal ini dikarenakan pihak Showroom masih gencar menjual produknya, sehingga wajib pajak kendaraan bermotor semakin tinggi.

 

Disamping itu juga wajib pajak juga mempunyai kesadaran yang tinggi dalam membayar pajak kendaraan bermotor mereka,sehingga Samsat Padang tidak begitu kesulitan dalam memungut pajak kepada masyarakat.Realisasi pajak kendaraan bermotor pada Januari cukup bagus. Karena pada awal tahun kondisi normal dan tidak ada kendala berarti dalam memungut pajak,terang Jaya Isman yang juga Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Andalas tersebut.

 

Guna lebih besar dalam memungut pajak kendaraan bermotor, pihaknya juga akan terus mengefektifkan peran mobil Samsat Keliling. Agar wajib pajak juga mudah dalam membayar pajak kendaraan mereka tanpa harus pergi ke kantor Samsat Padang.

 

Untuk target di 2014, Jaya Isman mengakui belum mendapatkan beban target penerimaan pajak. Pasalnya saat ini target penerimaan pajak kendaraan bermotor masih dibahas di DPRD Sumbar.. Akan tetapi, dirinya siap memenuhi target yang dibebankan tersebut.

 

Kami siap memenuhi target yang dibebankan oleh Pemprov Sumbar. Karena di tahun 2013, kita sukses melebihi target yang dibebankan, yakni sebesar 103 persen. Walaupun di tahun 2012 target kita hanya mencapai 98 persen,tutupnya.

 

sumber : http://www.sumbarpost.com/berita-1132-penerimaan-pajak-kendaraan-bermotor-capai-59-miliar-pada-januari.html