-->

RAPAT KOORDINASI REGIONAL SIKD PROVINSI SUMATERA BARAT TAHUN 2014

Rabu, 28 Mei 2014 10:22 WIB

Pada hari Senin tanggal 26 Mei 2014, bertempat di aula DPKD Provinsi Sumatera Barat di Jln.Asahan No.2 Komplek GOR H.Agus Salim telah diselenggarakan Rapat Koordinasi Regional SIKD Provinsi Sumatera Barat Tahun 2014. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin setiap semester untuk membahas berbagai perkembangan regional SIKD dan permasalahan lain yang berkaitan dengan implementasi Sistim Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah. Rakor kali ini diikuti oleh administrator sistim informasi keuangan daerah dari 15 Kabupaten dan Kota.

 

Pada Rakor kali ini beberapa agenda yang dibahasa adalah sebagai berikut :

  1. Progress rekpaitulasi data CSV APBD Kabupaten/Kota mulai tahun 2011 s.d 2014
  2. Persiapan implementasi laporan berbasis akrual
  3. Tindak lanjut Rakor Regional SIKD Nasional
  4. Informasi layanan IT Depkominfo
  5. Forum Diskusi Regiona SIKD Provinsi Sumatera Barat.

 

Secara umum rekapitulasi data CSV Kab/Kota mengalami kemajuan dibanding tahun tahun sebelumnya. Namun ketepatan penyampaian data CSV masih perlu ditingkatkan sesuai dengan periode produksi data CSV tersebut. Masih terdapat beberapa Kab/Kota yang belum menyampaikan data dimaksud. Dalam Rakor sudah disampaikan untuk segera mengirimkan data CSV sehingga data Reginal SIKD Provinsi Sumatera Barat semakin lengkap. Informasi Regional SIKD dapat diakses oleh seluruh Kabupaten dan Kota dengan mengakses situs resmi DPKD Provinsi Sumatera Barat pada alamat http://dpkd.sumbarprov.go.id dan pada daftar link aplikasi terdapat menu aplikasi dan salah satunnya adalah Regional SIKD. Informasi ini sekaligus dapat menjadi referensi bagi kabupaten dan kota untuk melakukan perbandingan antar kabupaten dan kota ataupun dapat menjadi backup data untuk diakses pada saat kapan dan dimana saja.

 

Menghadapi implementasi Permendagri No.64 tahun 2013 tentang Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual Pada Pemerintah Daerah maka telah disampaikan mekanisme dan tahapan persiapan sehingga implementasi regulasi tersebut pada tahun 2015 siap untuk dilaksanakan. Tahapan kritis dari implementasi tersebut adalah kesiapan aplikasi dan sumberdaya manusia (admin dan operator). Hingga saat ini kesiapan aplikasi terus dilakukan oleh pengembang dan diharapkan dapat dilakukan ujicoba dalam tahun 2014 ini untuk memastikan seluruh komponen sistim dapat berjalan baik di tahun depan .

 

Pada awal bulan Mei 2014, Ditjen Keuangan Daerah - Kementrian Dalam Negeri dalam Rapat Koordinasi Regional SIKD di Jakarta menyampaikan bahwa telah dibangun aplikasi sederhana untuk mengiriman data CSV seluruh Kab/Kota se Indonesia ke server SIKD di DJD Kemendagri. Untuk operasional aplikasi tersebut telah diserahkan juga user-id dan password untuk setiap Kab/Kota. Oleh karena itu pada Rakor SIKD Provinsi Suamatera Barat, pesan tersebut telah disampaikan ke Kab/Kota untuk dioperasionalkan. Dengan demikian maka secara periodik ( 4 kali dalam setahun sesuai dengan kebutuhan data APBD oleh Kemendagri) kabupaten dan kota akan mengirimkan data tersebut ke 3 tujuan yaitu :

 

 

  1. Kementrian Keuangan melalui aplikasi Komandan
  2. Kementrian Dalam Negeri melalui aplikasi pengiriman data
  3. DPKD Provinsi Sumatera Barat melalui e-mail yang telah ditetapkan.

 

Kementrian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia selaku koordinator pengembangan dan implementasi Teknologi Informasi memiliki berbagai fasilitas dan sumber daya Teknologi Informasi yang dapat di gunakan oleh seluruh kabupaten dan kota se Indonesia. Sumber daya tersebut terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak yang sangat diperlukan sekali oleh kabupaten dan kota. Namun selama ini informasi tersebut tidak diakses secara baik sehingga banyak kabupaten dan kota yang tidak mengetahui. Untuk Provinsi Sumatera Barat baru hanya 3 (tiga) daerah yang sudah memanfaatkan fasilitas ini untuk berbagai keperluan seperti : Provinsi Sumatera Barat untuk keperluan DRC dan integrasi aplikasi, Kota Padang Panjang dan Kabupaten Padang Pariaman. Diantara beberapa sumberdaya yang disediakan tersebut adalah :

  1. Aplikasi perangkat lunak : Mantra (manajemen transfer data), Si Maya (manajemen surat menyurat), SiCantik (menajemen pelayanan satu pintu) , dll
  2. Fasilitas Disaster Recovey Center (manajemen back-up data)
  3. Co-Location (penempatan server)
  4. Hosting web dan aplikasi.

 

Top