-->

Disaster Recovery Centre (DRC) DPKD Provinsi Sumatera Barat

Senin, 26 September 2016 17:02 WIB

Disaster Recovery Centre (DRC) adalah fasilitas back-up data dan sistimyang ditempatkandiluar kawasan dimana data/sistim tersebut dioperasikan. Tujuan utama dibangunya fasiltas DRC adalah sebagai upaya antisipasi jika terjadi bencana alam yang dapat melumpuhkan seluruh komponen sistim sehingga sistim tidak dapat lagi dioperasikan. Karakteristik utama pemilihan lokasi DRC tentunya adalah daerah yang relatif aman dari bencana, memiliki infrastruktur jaringan komunikasi yang relatif baik, dan jika fasilitas DRC di sewa tentu biaya sewa yang terjangkau.

Menyadari bahwa kasawan Sumatera Barat adalah kawasan yang memiliki potensi bencana maka Bappeda Provinsi Sumatera Barat sejak tahun 2013 telah memiliki fasilitas DRC di Gedung Nusantara Data Center Moratelindo di Jalan Jati Negara Barat – Jakarta. Berkaitan dengan fungsinya sebagai koordinator operasional Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), Bappeda Provinsi Sumatera Barat harus memastikan bahwa LPSE beroperasi dengan baik dan yang sangat penting adalah adanya sistim back-up jikaterjadi bencana. Untuk itulah sejak tahun 2013 DRC Bappeda sudah beroperasi dengan baik.Pemikiran pengelola sistim informasi bahwa jika terjadi bencana yang menghilangkan semua komponen sistim informasi maka dalam upaya recovery berapapun harga perangkat keras akandapat diadakan/dibeliwalaupun dengan berbagai upaya. Tetapi data transaksional sistim informasi tidak ada yang menjual karna sifatnya yang sangat tekait dengan aktivitas organisasi. Kehilangan data berarti kehilangan sumber daya penting dalam sebuah sistim informasi. Begitu pentingnya data dan informasi itu sehingga harus di duplikasi pada lokasi yang relatif aman dari semua jenis gangguan dan ancaman.

Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah (DPKD) Provinsi Sumatera Barat adalah institusi pengelola keuangan daerah yang sudah menerapkan Teknologi Informasi untuk menunjang tugas-tugas Pengelolaan Keuangan Daerah. Sistim Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD) adalah sistim informasi utama yang digunakan sejak tahun 2009. Untuk memastikan bahwa data dan informasi Keuangan Daerah Provinsi Sumatera Barat memiliki back-up data yang aman maka sejak 21 September 2016, kerja sama DPKD dan Bappeda telah dilakukan dalam pemanfaatan fasilitas DRC Bappeda. Bentuk konkrit dari kerjasama tersebut adalah penempatan server dan storage SIPKD pada fasilitas DRC dimaksud. Jadwal penyimpanan database setiap 24 jam secara otomatis telah dikonfigurasi.Ujicoba dan testing juga telah dilakukan dan aktivitas tersebut berjalan dengan lancar.Atas nama Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah Provinsi Sumatera Barat, ucapan terima kasih disampaikan kepada Bappeda Provinsi Sumatera Barat atas kerjasama/bantuan/fasilitas ini semoga kegiatan ini memberikan kontribusi kepada peningkatan kinerja pemerintah Provinsi Sumatera Barat khsusnya dari sisi pengelolaan keuangan daerah.

Untuk memastikan bahwa fasiltas yang sudah dioperasionalkan ini berjalan dengan baik paling tidak setiap tahun harus dimonitor dan dievaluasi secara fisik ke lokasi DRC sehingga dapat segera diambil tindakan perbaikan jika ditemukan operasonal yang tidak sesuai dengan standar prosedur yang ada. Baaa lai suai tuww ????

Top