Pengumuman

Pajak Provinsi


Payment Point Samsat


Payment Point Samsat


Info Pajak Kendaraan


Masukkan Nomor Plat Kendaraan


Jadwal Samkel Hari Ini


thumb
banner

Berita Terbaru

thumb
Sosialisasi Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2024

Berita - 17-05-2024

Padang, 17 Mei 2024: Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sumatera Barat mengadakan rapat sosialisasi terkait Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB). Rapat yang berlangsung di ruang rapat Bapenda Sumbar tersebut dihadiri oleh perwakilan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sumbar, perwakilan PT Jasa Raharja, perwakilan Samsat UPTD Padang, dan seluruh dealer di Sumbar.

Selengkapnya...
thumb
Komisi II DPRD Pasaman Barat Kunjungi Bapenda Sumbar untuk Optimalisasi PAD

Berita - 16-05-2024

Padang, 16 Mei 2024 - Dalam rangka untuk mendapatkan masukan dan informasi tentang Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD), Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pasaman Barat melakukan studi komparatif ke Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sumatera Barat pada hari Kamis, 16 Mei 2024. Kunjungan ini dihadiri oleh Ketua Komisi II DPRD Pasaman Barat, Syafridal, Wakil Ketua Komisi II DPRD Pasaman Barat, Dirwansyah, SH, Sekretaris Komisi II DPRD Pasaman Barat, Yulhendri DT Putiah, SH, beserta anggota Komisi II DPRD Pasaman Barat.

Selengkapnya...
thumb
Gubernur Sumatera Barat Meresmikan peluncuran Gerakan Tabungan Pajak Kendaraan Provinsi Sumatera Barat

Berita - 01-05-2024

Selasa/30/04. Badan Pendaptan Daerah Provinsi Sumatera Barat secara resmi meluncurkan Program Gerakan tabungan Pajak Kendaraan di Aula Hotel Pangeran Beach. Peluncuran Gerakan Tabungan Pajak diremsikan langsung Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah dan turut diharidiri oleh seluruh pimpinan Forkopinda mulai dari Perwakilan Kapolda Sumbar, Direktrur BI wilayah 02, Direktur Bank BNI, Direktur Bank Nagari, Kepala PT Jasa Raharja Cabang Sumatera Barat, Kepala Bapenda Prov, Sumbar, Seluruh Bupati/Walikota Prov. Sumbar dan dan Kepala OPD se Prov Sumbar Serta Kepala UPTD PPD Se Sumatera Barat.

Selengkapnya...
thumb
Rekonsiliasi Pendapatan Triwulan I Tahun 2024 yang Digelar di Bukittinggi

Berita - 27-04-2024

Bukittinggi, 26 April 2024 – Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA) Provinsi Sumatera Barat menggelar acara rekonsiliasi pendapatan triwulan I tahun 2024 di Bukittinggi pada tanggal 26 sd 27 April 2024. Acara di buka oleh Kabid pengelolaan pendapatan daerah Yessi Gustriani, SE, Ak, di dampingi oleh Kasubid pengelolaan pajak daerah Frans Sanjaya S. STP, kasubid pengelolaan retribusi daerah Ahmad Taufiq S.T, dan Staf UPTD SIPD Aziz suezrian. Acara ini dihadiri oleh seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) pengelola pendapatan daerah di provinsi Sumatera Barat

Selengkapnya...

Video

Profil e-Samsat 2024

Video Lainnya

Lihat Semua

Profil e-Samsat 2024

Sosialisasi Pembayaran Pajak Tahunan Kendaraan Bermotor dengan Aplikasi SIGNAL di Kabupaten Solok

Infografis Bapenda

Infografis Bapenda

Histori Layanan Pengaduan Wajib Pajak
19-05-2024
YOSRI PUTRA
Tanya min. Saya di tahun 2015 mengurus pajak, kendaraan roda 2. Motor cb150 cc. Ternyata kata orang samsat kendaran saya apakah kendaraan saya termasuk kendaraan yg kena pajak progresif?? Saya tidak tau dengan hal demikian yg saya tau kendaran roda 2 kalau pajak progresif itu berlaku untuk 250 CC, apakah tindak yg harus saya ambil? Dan saya minta bukti pembayaran pajak progresif tidak di berikan oleh petugas pihak samsat kab. Pasaman BARAT. Saya merasa di boongi soal kejadian ini. Dan saya takut untuk pajak kendaran saya MATI, akhir nya saya bayar dengan tidak senang hati. Mohon untuk penjelasan nya MIN tentang kejadian yg saya alami. KALAU terbukti melakukan kesalahan tolong petugas samsat itu di BERIKAN TINDAK sanksi mutasi atau di keluarkan karna itu sangat merugikan pribadi saya. Mohon penjelasan min. Saya sudah mengantongi nama petugas samsat itu. Sampai saat ini dia masih bertugas di samsat kab. Pasaman barat.
20-05-2024
Admin Bapenda
Hallo, terima kasih atas pengaduannya, bisa di informasikan nama petugasnya siapa dari dari pihak kepolisian, pemda, atau jasa raharja ya.. untuk layanan pengaduan resmi saudara bisa ajukan melalui https://www.lapor.go.id/ ya.. terima kasih
18-05-2024
Man
Saya sudah membayar pajak kendaraan melalui samsat digital tgl 08 mei 2024 dan status e-tnkb sudah ada,untuk dokumennya kenapa status masih pre collecting sampai sekarang?dan belum dikirim
20-05-2024
Admin Bapenda
hallo, untuk status pra collecting menunggu Petugas/Kurir PT Pos menjemput dokumen ke kantor samsat untuk di antarkan ke alamat ya..
16-05-2024
Nofriadi
BA pesisir bisa GK bayar pajak di Samsat Padang
17-05-2024
Admin Bapenda
hallo kak Nofriadi, pembayaran pajak kendaraan tahunan bisa dilakukan di seluruh samsat sumatera barat, namun untuk pajak lima tahunan atau ganti plat nomor tidak bisa, harus dilakukan di samsat asal kendaraaan ya.
15-05-2024
Anwar
Bayar pajak tahunan
15-05-2024
Admin Bapenda
silahkan datang langsung ke kantor samsat atau mengunakan layanan pembayaran pajak tahunan dengan aplikasi signal ya
15-05-2024
Sovinah yanti hutabarat
Saya berdomisili di kota sibolga sumatera utara, tapi kendaraan saya berplat Ba, jatuh tempo bpkb 12 juni tahun 2020 yg mau saya pertanyakan, apakah ada pemutihan denda pajak saat ini di sumbar??
15-05-2024
Admin Bapenda
Saat ini belum ada informasi pemutihan pajak kendaraan,, jika ada akan kami sosialisasikan ya..