-->

UPT Samsat Bukittinggi Harus Tingkatkan Pelayanan

Rabu, 22 Februari 2017 10:44 WIB

BUKITTINGGI – Pelayanan masyarakat di kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Sistim Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Bukittinggi harus lebih ditingkatkan. Masyarakat yang datang untuk berurusan harus mendapatkan pelayanan yang maksimal dari petugas, termasuk kenyamanan dalam ruang pelayanan.

Hal itu diingatkan Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat Afrizal dalam kunjungan kerja meninjau aset pemerintah provinsi Sumatera Barat di sejumlah kabupaten dan kota yang berlangsung selama dua hari (16 dan 17 pebruari 2017, red). Afrizal mengingatkan, masyarakat yang datang ke Samsat adalan mengantarkan uang untuk pendapatan daerah.

“Jadi, pelayanan kepada masyarakat harus maksimal, ruangan harus nyaman,” kata Afrizal.

Melihat ramainya kunjungan ke UPT Samsat tersebut, Afrizal juga menyarankan agar bagian depan ditambah kanopi untuk berteduh. Dia mengungkapkan, ada keluhan dari masyarakat yang datang ke Samsat mengenai minimnya tempat berteduh.

Kunker Komisi III DPRD Sumbar tersebut didampingi oleh Kepala Samsat Sumatera Barat Jaya Isman dan Kepala Biro Aset Setprov Sumatera Barat. Afrizal menegaskan, pada prinsipnya, pelayanan di Samsat terutama di ruang tunggu paling tidak harus setara dengan pelayanan di lembaga perbankan.

“Masyarakat semakin nyaman, pelayanan memuaskan dan fasilitas memadai. Ini akan membuat animo masyarakat membayar pajak akan semakin tinggi,” lanjutnya.

Dalam kesempatan itu, Komisi III DPRD Sumatera Barat juga menerima keluhan dari pihak UPT Samsat Bukittinggi. Diantara yang dikeluhkan adalah mengenai sarana prasarana yang perlu dibenahi. Kemudian juga peningkatan kualitas SDM petugas Samsat.

Afrizal mengakui, kondisi gedung memang perlu pembenahan. Dari keluhan yang disampaikan, antara lain ruang rapat perlu disediakan tersendiri. Kemudian perlu adanya ruang khusus untuk perokok.

“Fasilitas perlu menjadi perhatian, namun peningkatan kualitas juga penting. Keluhan terkait fasilitas ini akan menjadi catatan bagi Komisi III untuk dibawa ke dalam pembahasan di DPRD. Terutama peningkatan kualitas SDM, itu merupakan sebuah usulan yang bagus dan perlu dipertimbangkan,” tandasnya. (feb)

sumber : http://padangmedia.com/upt-samsat-bukittinggi-harus-tingkatkan-pelayanan/

Top