-->

Samsat Sumbar Kembali Akan Luncurkan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Lewat ATM

Jum'at, 14 Juni 2019 08:57 WIB

Bakeuda (13/06/ 2019), Bertempat di Ruang Rapat UPTD SIKD Lantai III Badan Keuangan Daerah Provinsi Sumbar, Kamis 13 Juni 2019 dilaksanakan kembali rapat Teknis membahas pengaktifan kembali pembayaran pajak kendaraaan bermotor lewat Anjungan Tunai Mandiri (ATM).  Rapat yang dihadiri oleh Devisi IT dan Dana Jasa Bank Nagari, Perwira urusan STNK dan IT dari Ditlantas Polda Sumbar, Jasa Raharja, Bidang Pajak Bakeuda dan tenaga IT UPTD SIKD Bakeuda Prov Sumbar. Rapat yang dimulai jam 09.00 wib dipimpin langsung oleh kepala UPTD Sistem Informasi Badan Keuangan Daerah A.Suhendri, S.Kom, M.Sc.dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa sesuai dengan program kerja Bakeuda Provinsi Sumatera Barat cara peningkatan pelayanan terhadap masyarakat dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor salah satunya lewat ATM

Fitur pembayaran pajak kendaraan bermotor lewat ATM sebenarnya telah beroperasi sejak tahun 2017 akan tetapi hanya dilingkup Samsat Padang, dan sejak Januari 2019 pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui ATM Bank Nagari tidak dapat dilakukan karena adanya proses migrasi data dari sistem e-Samsat terdistribusi ke sistem e-Samsat tersentralisasi. Proses migrasi ini dilakukan salah satunya untuk mendukung sistem Samsat Nasional (Samolnas) sehingga data yang semula mode penyimpanannya tersebar wajib untuk disentralisasikan (terpusat). Proses migrasi tersebut telah selesai dilaksanakan pada Bulan Mei 2019.

Rencananya Pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui ATM Bank Nagari ditargetkan kembali aktif pada Bulan Agustus 2019 yang akan datang dengan lingkup seluruh wilayah Samsat Sumatera Barat dan Metode pengesahan STNK masih menggunakan sistem yang sebelumnya dimana nama pemilik kendaraan dan pemilik rekening harus sama untuk pengesahan STNK pada masing-masing Kantor Samsat. tambahnya. 

Pada kesempatan yang sama perwakilan dari Bank Nagari mengatakan mendukung sepenuhnya diaktifkannya kembali fitur pajak kendaraan bermotor lewat ATM khususnya Bank Nagari. Apabila terdapat rencana pengembangan metode pembayaran pajak kendaraan bermotor lewat ATM, baik dari segi penambahan wilayah Samsat maupun penggunaan mesin ATM selain Bank Nagari, maka Bank Nagari siap untuk melakukan pengembangan sistem sebagaimana yang dibutuhkan.

Sumber: Sistem Informasi Keuangan Daerah Bakeuda

Top