Samsat Payakumbuh Luncurkan samsat Drive Thru

Tingkatkan pelayanan bagi masyarakat, Kantor Unit Pelaksana Teknis Daerah Pengelolaan Pendapatan Daerah Provinsi Sumatera Barat atau kantor Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) di Kota Payakumbuh segera luncurkan program Samsat Drive Thru.

Program Samsat Drive Thru merupakan layanan pintar. Yang nantinya diyakini akan mempermudah pemilik kendaraan melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor. Sebab diartikan sebagai bentuk memanjakan pengguna pelayanan hingga kemudahan melakukan urusannya.

“Program Samsat Drive Trhu ini dipersembahkan bagi pemilik kendaraan bermotor di kota Payakumbuh untuk meningkatkan pelayanan dan sebagai bentuk apresiasi terhadap pemilik yang selalu setia membayar pajak tepat waktu. Serta untuk mengurai antrian panjang di kantor Samsat Kota Payakumbuh, Ungkap Kepala UPTD Samsat Kota Payakumbuh, Yanidar, Rabu (12/12/).

Program drive thru ini, kata Yanidar, akan mempersingkat proses yang biasanya panjang jika melalui pengurusan biasa di Kantor UPTD Samsat. Sebab kedepan setiap wajib pajak hanya akan memerlukan waktu beberapa menit saja dalam membayar pajak kendaraannya.

Melalui program drive Thru, tetap membutuhkan persayaratan yang perlu disiapkan saat pembayaran pajak. Pelayanan pada kantor samsat drive Thru dibutuhkan KTP Asli, STNK Asli, disertai Kendaraan yang akan dibayar pajaknya.

“Nanti yang datang ke samsat Drive Thru adalah pemilik kendaraannya sendiri. Selain dokumen-dokumennya juga asli semuanya. Ngak perlu di fotocopi karena nanti langsung discan sama petugas samsat drive thru.”

Lebih jauh disampaikan Kepala UPTD Samsat Kota Payakumbuh, pembayaran pajak melalui program Drive Thru memang masih bisa diwakilkan kepada orang lain. Namun pemilik kendaraan hanya bisa mewakilkan kepada orang yang alamat di KTP nya sesuai dengan STNK.

“Orang yang sealamat dengan pemilik kendaraan tetap bisa membantu membayarkan pajaknya, jadi diwakilkan kepada suami atau istri, orang tua atau mertua, adik atau kakak yang KTP-nya se-alamat,” ujar Kepala UPTD Samsat Kota Payakumbuh.

Memang bukan hal baru, program drive thru juga sudah banyak dipakai oleh gerai-gerai makanan siap saji di seluruh dunia dan indonesia sendiri, umumnya di kota-kota besar. Model ini yang coba diadopsi oleh UPTD Samsat Kota Payakumbuh.

“Sebenarnya hal ini bukan yang pertama dilakukan di Sumbar. Sebelumnya program ini juga telah dilakukakan oleh UPTD Samsat di Kota Padang dan Kota Bukittinggi sebelumnya,”. Terang Yanidar.

Sekarang di Kota Payakumbuh menjadi program baru untuk diaplikasikan guna mempermudah masyarakat pemilik kendaraan. Saat ini tengah dibangun di Terminal Koto Nan Ampek, Payakumbuh Barat.

“Pembangunan kantor layanan drive thru yang dialokasikan Dispenda Provinsi Sumbar dengan anggaran sekitar Rp.150 Juta itu, saat ini progres pembangunannya sudah mencapai 80 persen. Bangunan itu nantinya akan disediakan tiga loket pembayaran bagi wajib pajak. Diperkirakan April 2019 kantor pelayanan Samsat Drive Thru itu sudah bisa dioperasikan, “ jelas Yanidar.

Dikatakan, selain memberikan pelayanan prima dan maksimal kepada wajib pajak, samsat drive thru ini juga untuk memberantas praktek pungutan liar (pungli), suap dan korupsi yang sering terjadi dalam pengurusan dan pembayaran surat-surat kendaraan bermotor.

Salah satu ujung tombak pendapatan di Samsat kota Payakumbuh, mampu mengantongi pendapatan tahunan sebesar Rp 31 miliar lebih. Angka yang cukup fantastis itu, jauh berada diatas targe yang hanya dibebankan sekitar 25 Miliar.

 

Sumber : Koran Padek 13/12/2018

INFO PAJAK KENDARAAN

Masukkan Nomor Plat Kendaraan

AGENDA KEGIATAN
    APBD
    (Rp.000)
    Pendapatan Daerah0
    - Pendapatan Asli Daerah0
    - Dana Perimbangan0
    - Lain-Lain APBD Sah0
    Belanja Daerah0
    - Belanja Tidak Langsung0
    - Belanja Langsung0
    Pembiayaan0
    - Penerimaan Pembiayaan0
    - Pengeluaran Pembiayaan0
    REALISASI APBD
    Realisasi APBD Tahun 2020 (Rp.000)
    Pendapatan Daerah6.333.921.893
    - Pendapatan Asli Daerah2.224.864.795
    - Dana Perimbangan4.002.552.881
    - Lain-Lain APBD Sah106.504.217
    Belanja Daerah6.383.106.111
    - Belanja Tidak Langsung4.437.497.451
    - Belanja Langsung1.945.608.660
    Pembayaran308.404.594
    - Penerimaan Pembayaran328.404.594
    - Pengeluaran Pembayaran20.000.000
    INFO SP2D

    Fans Page

    LAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN ONLINE RAKYAT

    `