BUKU TAMU

Marcos

Yth Bapak/Ibu. Saya ingin minta petunjuk thd permasalahan pajak mobil saya BA 1363 QA. Sebaiknya saya ceritakan kronologinya. Sktr 3 minggu lalu saya melakukan proses perpanjangan stnk 5 tahun di samsat padang. Kelengkapan sudah saya penuhi, yakni ktp asli, stnk asli, bpkb asli dan cek fisik kendaraan. Saat melakukan pendaftaran di loket pendaftaran samsat, katanya data mobil saya bermasalah (ganda), lalu saya disuruh ke ditlantas polda sumbar utk melakukan perbaikan data. Di ditlantas waktu saya habis berhari2 mencari orang IT nya hanya utk perbaikan data. Setelah selesai di ditlantas, lalu saya disuruh ke samsat lg utk melakukan pendaftaran (katanya data sudah ok). Ternyata benar, sampai terbit kertas putih utk pembayaran di teller bank nagari, lalu saya bayar. Disinilah masalah selanjutnya terjadi. Ternyata stnk barunya tidak bisa dicetak dengan alasan nomor rangka dan nomor mesin mobil saya ganda dengan kendaraan lain. Loh? Bukannya katanya sudah ok? Akhirnya saya balik lagi ke ditlantas mengurus permasalahan ini, dan sampai detik ini alhamdulillah tidak ada kejelasan. Perlu diketahui, sejak pengurusan awal sampai skrg sudah msk minggu ke empat. Apa yg harus saya perbuat lg? Kemana saya hrs melapor? Kewajiban sdh saya laksanakan, dan hak tidak saya dapatkan. Apa perlu saya datangi kapolda sumbar atau gubernur sumbar utk hal ini? Saya merasa dirugikan loh. Duit sudah saya setor (bs di cek), stnk tidak saya dapatkan. Ini bs saya viralkan jg ke media klo pelayanan publik seperti ini.

Balas

ADMIN

sebagai informasi kami sampaikan kantor samsat terdiri dari 3 instansi terkait yakni : 1. Kepolisian (berwenang menerbitkan BPKB, STNK , dan penomoran kendaraan / Plat kendaraan serta identifikasi kendaraan atau cek fisik). 2. Badan Keuangan Daerah Prov (berwenang dalam menetapkan Pajak Kendaraan Bermotor dan Balik Nama Kendaraan Bermotor). 3. Jasa Raharja (berwenang dalam menetapkan SWDKLLJ / Asuransi). terkait kendala yang bpk alami dan setelah kami cek juga transaksinya dimana pengurusan pajak sudah di selesaikan dan terkendala di bagian STNK seperti yang telah bpk jelaskan. untuk keterangan lebih lengkap dan solusi menyelesaikan masalah bapak ini silahkan langsung emailkan ke ditlantas_poldasumbar@yahoo.co.id atau mention ke twitter @ditpoldasumbar terima kasih sebelumnya bpk.

Balas

Riza

Dear admin, mohon infornya untuk hal-hal berikut: 1. Kenapa pajak kendaraan mobil honda freed saya tahun 2010 lebih tinggi dari mobil honda mobilio saya tahun 2014?, sedangkan nilai jual kedua kendaraan tersebut kurang lebih sama. 2. Pengenaan pajak progresif untuk kendaraan yang manakah? apakah kendaraan yang tahunnya lebih tinggi atau kendaraan yang pajaknya lebih rendah atau kendaraan yang pajaknya lebih tinggi? 3. Bagaimana perhitungan pengenaan pajak progresiv tsb? terima kasih.

Balas

ADMIN

Berdasarkan Pergub No.25 tahun 2018 ttg petunjuk pemungutan PKB dan BBNKB pasal 7 ayat 3 terkait pengenaan pajak progresif yakni berdasarkan pada registrasi atau pernyataan pemilik (tahun perolehan kendaraan) dan untuk perhitungan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yakni nilai Jual Kendaraan x Bobot x Tarif .berikut informasi Tarif untuk Pengenaan Progresif untuk kepemilikan Progresif ke satu Tarifnya 1,65 %, progresif ke dua 2,5 %, progresif ke tiga 3 %, progresif ke empat 3,5% dan seterusnya..silahkan download link berikut untuk lebih jelasnya..https://dpkd.sumbarprov.go.id/peraturan-gubernur.html..terimakasih pak Riza.

Balas

Akang Heri

Jika boleh tau, apakah keberadaan calo-calo di samsat padang itu resmi? Saya kebetulan sering melakukan pembayaran pajak kendaraan perusahaan tempat saya bekerja ke samsat padang dan merasa cukup terganggu dengan keberadaan calo-calo tsb. Baru msk pagar saja sudah dipaksa, terus saat mau parkir kendaraan pun begitu, belum lagi saat akan msk ke lorong utamanya juga. Berlapis-lapis kayak kue lapis lingkaran akses calo itu saya perhatikan. Apa keberadaan mereka itu dibiarkan saja oleh pihak samsat padang? Seperti dipelihara gitu?

Balas

ADMIN

setahu kami keberadaan pemuda disana hanya untuk mengatur kendaraan dalam hal ini parkir..akan tetapi apabila mereka menawarkan apapun kepada bapak sebaiknya jangan diindahkan..kami juga telah berusaha untuk menghindari praktek pencaloan dengan memasang spanduk, melakukan sosialisasi dan memberikan informasi kepada masyarakat dan menambah titik layanan samsat seperti samsat keliling, samsat drive thru, samsat mall, samsat MPP, dan samsat gerai di chip cristine hakim supaya mengurangi antrian pada kantor samsat dan diharapkan masyarakat mengurus pajak kendaraannya sendiri dan memanfaatkan titik layanan tadi..terimakasih atas masukannya bapak Heri..kami akan berusaha terus untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat..

Balas

Nasri Hamid

Kepada bapak/ibu pengelola website ini, saya ingin bertanya mengenai masalah blokir bpkb. Saya membeli mobil seken dari teman saya dan sedang melakukan proses balik nama ke atas nama saya sendiri. Saat pengurusan di kepolisian/ditlantas, bpkb saya katanya terblokir leasing. Dan mesti bayar 200rb untuk proses buka blokirnya. Apakah benar begitu? Sah kah sesuai undang2? Atau termasuk pungli? Ditunggu jawabannya. Terima kasih.

Balas

ADMIN

masalah blokir BPKB, yang melakukan pemblokiran adalah pihak leasing/lembaga keuangan lainnya, sebaiknya bapak datang ke pihak leasing untuk meminta surat pelepasan blokir tersebut, terikait masalah pembayaran tersebut selama bapak menerima bukti pembayaran dari petugas itu resmi bapak..tetapi jika tidak bapak dapat menanayakan ke petugas yang bersangkutan.terimakasih

Balas

Lazwardi

Kepada pihak terkait, kenapa tidak adanya sosialisasi perpanjangan pemutihan di sumbar ya? Apakah hanya orang-orang tertentu saja yang mesti mengetahuinya?

Balas

ADMIN

sosialisasi perpanjangan program penhapusan denda PKB dan BBN Gratis sudah kita lakukan bapak, baik berupa spanduk2 atau lewat media sosial..terimakasih

Balas

STOP CALO

wah di penjelasan ini tidak ada uang arsip 50.000 ya min? mohon di usut jika memang benar ada praktik pungli dg modus uang arsip di samsat padang (bagian arsip)

Balas

STOP CALO

min, izin bertanya. Namun sebelumnya saya mau cerita pengalaman saya (waktu, biaya, tenaga) balik nama kendaraan dari padang ke luar daerah (dalam provinsi) terlebih dahulu. posisi saya sekarang menetap di luar kota padang, dengan waktu tempuh 2-3 jam perjalanan. dihari pertama yang saya lakukan adalah mngumpulkan niat dan tenaga buat berangkat sepagi mungkin (06:00) dari tempat saya. setelah saya sampai di kota padang (08:30), pertama saya datangi kantor samsat padang yg berlokasi di dekat area GOR (baru saja mau parkir, para calo datang menghampiri saya dengan bujukan akan lebih cepat selesai). setelah antri di tempat informasi, saya ternyata di arahkan ke kantor DITLANTAS POLDA SUMBAR yang berlokasi di samping jembatan siti nurbaya (lumayan lah jaraknya). setiba di DITLANTAS POLDA SUMBAR (09:20) disana saya langsung bertanya ke pak POLISI yang berjaga (pak pol nya lumayan ramah2). saya di arahkan untuk mengisi berkas lalu membawa kendaraan saya untuk cek fisik (gosok rangka), sampai tahap ini selain uang parkir saya belum mengeluarkan biaya apapun lagi. setelah itu saya di arahkan ke loket pendaftaran cabut berkas. disini saya mengeluarkan uang sebesar Rp. 150.000 yg dibayarkan melalui loket BRI (ada tanda pembayarannya). di loket pendaftaran, saya diberikan tanda terima berkas saya (14:50) dan harus kembali lagi kesana setelah 14 hari kerja (waktunya lumayan lama ya? padahal kalau pakai jasa calo dengan membayarkan lebih sebesar 300-400rb, proses ini hanya memakan waktu 1-2 hari kerja). setelah 14 hari kerja (diluar sabtu dan minggu), saya balik lagi ke kota padang dan langsung ke DITLANTAS POLDA, disana saya langsung ke bagian pendaftaran dan menyerahkan tanda terima. setelah menyerahkan saya disuruh balik kesana lagi jam 14:00 (sebagai catatan, saya mendaftar jam 09:00, lagi2 prosesnya memakan waktu yang lama walau cuma hitungan jam). pukul 14:00 saya langsung kesana lagi dan mengambil berkas saya, lalu saya di arahkan ke samsat kota padang. karna saya rasa masih jam operasional, saya langsung melanjutkan ke samsat kota padang. setibanya di samsat, saya di arahkan ke bagian fiskal. disana saya menyerahkan semua berkas dari DITLANTAS dan disuruh balik lagi besok (jam menunjukkan pukul 15:25). keesokan harinya saya datang lagi ke KOTA PADANG dan dan langsung ke bagian fiskal kemarin. dari sana saya di arahkan untuk menyerahkan file ke bagian arsip. dan di bagian arsip ini, setelah saya menyerahkan berkas, saya disuruh balik lagi 5 hari kerja untuk menjemput berkas saya tsb (tanggalnya di buatkan di fotocopy STNK). saya heran, kok mau menyetorkan uang ke NEGARA susah bener ya?!!! . setelah tanggal yg di tentukan tiba, saya BALIK LAGI ke kota padang buat mngambil berkas saya ke bagian arsip samsat kota padang. disini keanehan mulai terjadi, saya di mintai uang Rp. 50.000 dengan alibi uang arsip. namun ketika saya meminta tanda terimanya, petugas (ibuk-ibuk) itu tidak bisa memberikannya. dia malah berdalih bahwa yang lain juga membayar!!! (karna saya males berdebat, saya relakan saja uang tersebut). tahap selanjutnya saya di arahkan ke DITLANTAS POLDA. disana saya menuju loket pendaftaran seperti sebelumnya, dan di arahkan untuk membeli PNKB ke loket BRI. disini saya mengeluarkan uang sebesar Rp. 225.000 (ada tanda terima bank BRI) dan kembali ke loket pendaftaran. setelah ini saya diminta untuk kembali lagi jam 14:00 sampai tahap itu biaya yang saya keluarkan adalah: 1. cabut berkas Rp. 150.000 (Motor) 2. biaya arsip????? Rp. 50.000 3. beli BPKB Rp. 225.000 (Motor) 4. bbm pp luar kota 1x pp 30-40rb (dikali 4-5 kali PP) 5. uang parkir 20-30 rb (bolak balik tetap kena parkir) 6. waktu sekitar 1 bulanan. tahap yg belum saya lalui sampai saat saya menulis ini adalah tahap pendaftaran ke samsat kota saya, disana kabarnya ada yang harus di bayarklan lagi (beli plat dan STNK Rp. 160.000 untuk motor). biaya tersebut di luar pajak kendaraan dan diluar pungli (jika ada di samsat kota saya, mudah2an tidak ada) yang ingin saya tanyakan adalah, kenapa waktu pengurusannya bisa begitu lama ya? terlalu boros waktu. sedangkan teman saya yang mutasi dari padang ke luar daerah dalam provinsi memakai jasa calo (membayarkan 800rb-1jt uang lebih ke calo, tergantung berapa yg calo pinta) hanya membutuhkan 1-2 minggu paling lama. itu pun berkasnya (bpkb, stnk dan tnkb baru) langsung diantarkan ke alamat. dan satu lagi, apakah uang arsip sebesar Rp. 50.000 di samsat kota padang itu benar adanya? jika ada mohon dijelaskan kenapa tidak ada tanda terima. dan jika tidak ada mohon untuk segera di selidiki. saran saya, pelayanannya mohon untuk lebih di tingkatkan, baik dari segi waktu dan komunikasi. tirulah pelayanan perusahaan swasta. jgn biarkan kami bertanya baru di jelaskan. tp tanyalah kami untuk menjelaskan. karna saya melihat disana masih banyak yg kebingungan dalam pengurusan. dan sebisa mungkin, pangkas lah waktu pelayanannya. saya merasa itu terlalu lama. membuat celah penggunaan jasa calo semakain jaya.

Balas

ADMIN

samsat terdiri dari 3 instansi, dan masing2 instansi mempunyai kewenangan, untuk urusan di ditlantas polda Sumbar merupakan kewenangan kepolisian.terkait adanya uang tidak memiliki tanda terima/bukti pembayaran merupakan pungli, jadi sebaiknya bapak melaporkan langsung kepada pimpinan samsat tempat bapak mengurus berkas.

Balas

Drs Tarmizi

Selaku masyarakat, saya sangat mengapresiasi kebijakan pemprov sumbar dgn adanya program pemutihan ini. Cuma kendalanya adalah antrian di samsat yang sangat lama, berkas msk pagi hari bs keluar saat pelayanan akan tutup, bahkan bs sampai bsk harinya. Saya coba tanya, katanya proses pendaftarannya dilakukan 2x (oleh polisi dan dispenda), apa benar karena itu ya? Knp ga dibuat 1x aja supaya menghemat waktu? Atau dibatasi pendaftaran perharinya jika dirasa tidak sanggup menampung sebanyak itu. Mohon dibenahi lah pak, kasian kami masyarakat antri selama itu. Duit yang di antar, kok pelayanan kayak gitu. Terima kasih.

Balas

ADMIN

Terimakasih pak tarmizi, samsat terdiri dari 3 instansi, dan masing2 instansi mempunyai kewenangan, kepolisian memiliki kewenangan registrasi dan identifikasi dimana sistemnya terhubung ke korlantas pusat, sedangkan untuk pajak kendarraan sistemnya dimiliki oleh pemprov sumbar sehingga kedua sistem harus berjalan bersamaan.untuk pelayanan spt mutasi, BBN mmg membtuhkan waktu yang agak lama karena proses regident (kepolisian) membutuhkan waktu untuk penerbitan bpkb dan stnk baru.sampai saat ini pembatasan transaksi sudah dilakukan. kalau untuk pelayanan tahunan 5 menit berkas setelah diterima petugas sudah selesai dan bapak bisa memanfaatkan payment point samsat spt samsat keliling, dhrivethrue, mpp dan samsat mall..terimakasih

Balas

Ifande

Samsat Admin ysh. Menyambung pertanyaan sebelumnya perihal pembayaran pajak kendaraan yg sudah beda KTP pemiliknya, awalnya kemdaraan ay seri kota pariaman dan sekarang sudah pindah KTP Padang. kalau memang baiknya disarankan kendaraannya juga dipindahkan seri padang, bagaimana prosedur dan kemana bagian yang didatangi dan apa sj syarat2 yang harus sy siapkan dalam pengurusannya? Tks

Balas

ADMIN

Syarat Balik nama antar kotakabupaten 1. Ktp atas nama baru foto kopi 2. Stnk asli 3. Bpkb asli 4. Kwitansi jual beli 5. Cek fisik kendaraan Langkah Balik nama antar kota kabupaten 1. Cabut file terlebih dahulu - jika kendaraan asalnya kota padang datangi ditlantas sumbar - jika kendaraan asalnya selain kota padang langsung saja ke samsat sesuai kota kabupaten tsb Untuk biaya cabut file kami tidak mengetahui karena ranahnya kepolisian 2. Setelah cabut file, datangi kantor samsat sesuai domisili di stnk lama untuk cetak fiskal keluar dan bayar pajak jika sudah masuk masa pembayarannya. Untuk info besaran pajak bisa di cek di https://dpkd.sumbarprov.go.id/info-pkb.html atau download aplikasi android kami di https://play.google.com/store/apps/details?id=id.go.sumbarprov.bkeuda.esamsatsumbar 3. Setelah fiskal terbit, datangi kantor ditlantas untuk beli bpkb baru Biaya Roda 2 225.000 Roda 4 375.000 4. Setelah bpkb baru terbit kunjungi kantor samsat sesuai domisili barunya untuk membeli stnk dan plat Biaya plat stnk Roda 2 160.000 Roda 4 300.000 5. Setelah terbit stnk proses selesai Terima kasih

Balas

HARDI ANDRI

Yth. Admin. Izin saya mau bertanya, jika kendaraan yang lama saya sudah dijual kepada orang lain bbrp tahun yang lalu, tetapi tidak dilaporkan ke Samsat saat dijual, sehingga untuk bayar pajak kendaraan yg skrg kena pajak progresif. Bagaimana cara melaporkan ke samsat sementara bukti jual (kwitansi) sudah tidak ada lagi (hilang). terima kasih.

Balas

ADMIN

terimakasih pak Hardi Andri,,untuk melaporkan bahwa kendaraan tsb sudah bapak jual, silahkan datang ke kantor samsat (bagian Penagihan) dengan membawa fotokopi ktp bapak dan mengisi form yang telah disediakan

Balas

Syafrul

Bisakah mutasi kendaraan bermotor secara oline dalam satu provinsi ?( antara kabupaten dan kota)

Balas

ADMIN

sampai saat ini untuk BBN dan Mutasi kendaraan belum dapat dilakukan secara online..masih memeriksa fisik berkas kendaraan bermotor secara offline..mudah2an kedepannya segera terealisasi..terimakasih bapak syafrul

Balas

Galang Ardanni

Balas

Pegawai swasta

min, saya beli motor bekas pada bulan januari 2019. saat saya membeli pajak kendaraan tersebut sudah mati 1 thn. pada juli 2019 saya ingin membayarkan pajaknya, namun saya terkendala karna tidak ada ktp atas nama STNK (pemilik pertama). Saya pun tidak bisa mnghubngi lagi pemilik pertama tersebut untuk meminjam KTP nya. juli 2020 kemarin pajak saya sudah jatuh tempo 3 tahun, dan tahun besok stnk saya mati. jika saya ingin balik nama kendaraan saya, apa yang harus saya siapkan, dan kemana saya mngurusnya? biaya apa saja yg harus saya bayarkan? (kendaraan saya seri padang, KTP saya solok)

Balas

ADMIN

ini masuk ke balik nama antar kota/kabupaten syarat: 1. foto kopi atas nama baru 2. bpkb asli 3. stnk asli 4. kwitansi jual beli kendaraan dari pemilik di stnk ke pembeli di atas materai 6000 5. cek fisik kendaraan bermotor langkah: 1. datangi kantor ditlantas sumatera barat di nipah untuk melakukan cabut file biaya roda dua 150.000 roda empat 250.000 wajib juga bawa kendaraan nya untuk cek fisik di ditlantas nipah 2. setelah cabut file selesai, datangi kantor samsat padang untuk bayar pajak dan cetak fiskal pindah keluar biaya pajak bisa di lihat di https://dpkd.sumbarprov.go.id/info-pkb.html 3. setelah fiskal terbit , datangi kembali kantor ditlantas nipah untuk beli bpkb baru biaya roda dua 225.000 roda empat 375.000 4. setelah bpkb baru terbit, baru kunjungi samsat kota solok untuk melakukan cetak stnk dan plat biaya roda dua 160.000 roda empat 300.000 5. selesai

Balas

Pegawai swasta

min, saya beli motor bekas pada bulan januari 2019. saat saya membeli pajak kendaraan tersebut sudah mati 1 thn. pada juli 2019 saya ingin membayarkan pajaknya, namun saya terkendala karna tidak ada ktp atas nama STNK (pemilik pertama). Saya pun tidak bisa mnghubngi lagi pemilik pertama tersebut untuk meminjam KTP nya. juli 2020 kemarin pajak saya sudah jatuh tempo 3 tahun, dan tahun besok stnk saya mati. jika saya ingin balik nama kendaraan saya, apa yang harus saya siapkan, dan kemana saya mngurusnya? biaya apa saja yg harus saya bayarkan?

Balas

Muslimin

Assalamualaikum, Selamat malam, untuk proses cabut berkas (mutasi keluar) kendaran yang terdaftar di sumbar tapi kendaraannya di luar sumbar apakah bisa dilakukan dengan cek fisik bantuan? apa saja syaratnya? terima kasih sebelumnya

Balas

ADMIN

waalaikumsalam, bisa pak dengan menggunakan cek fisik bantuan,untuk syaratnya membawa BPKB,STNK dan Kendaraan Bermotornya..terimakasih

Balas

Pekerja

Assalamualaikum, Selamat pagi Admin, mohon ijin saya mau mutasi keluar kendaran bermotor yang terdaftar di samsat provinsi. Mutasi dari sumbar tujuan tangerang selatan (banten). Mutasinya karena ganti KTP domisili (pemilik kendaraan masih sama). apa saja prosedur dan syaratnya? terima kasih sebelumnya

Balas

ADMIN

pertanyaan bapak sudah kami balas di web kami terima kasih

Balas

Hendri

Yth Admin.. Saya mau ke ikut lelang kendaraan roda 4.. kendaraan hasil sitaan kejaksaan negeri melalui KPKNL.. tidak dilengkapi STNK dan BPKB.. dokumen apa saja yg dibutuhkan untuk mengurus kembali STNK dan BPKB.. terimakasih.

Balas

ADMIN

untuk pengurusan stnk hilang syarat paling wajib yaitu bpkb asli jadi wajib di urus dulu bpkb nya untuk pengurusan bpkb hilang, itu langsung ke polresta padang bpk kami tidak mengetahui syarat ataupun biayanya mohon maaf sebelumnya

Balas

Preogiern

big fish casino [url=http://onlinecasinouse.com/# ]online gambling [/url] slot games big fish casino casino bonus codes

Balas

riko zulianda

bisakah mutasi kendaraan secara online, karena kendaraan saya seri padang dan sekarang saya tinggal di bukittinggi. saya mau mutasi kendaraan ke bukittinggi. apakah cabut berkasnya harus tetap ke padang?

Balas

ADMIN

saat ini untuk mutasi kendaraan tidak bisa online, harus ke kantor samsat dan ditlantas polda sumbar, terimakasih pak riko

Balas

gunadi

Assalamu'alaikum, saya mempunyai kendaraan dengan nomor plat Kabupaten Sijunjung. saat ini saya sudah pindah ke Padang dan telah berganti KTP Kota Padang. Apakah untuk pembayaran pajak kendaraan 5 tahunan/ganti STNK apa bisa dilakukan di Padang atau harus ke SIjunjung ?

Balas

ADMIN

waalaikumsalam wr.wb. untuk transaksi perpanjangan STNK (5 tahun) wajib datang ke kantor samsat asal dimana kendraan tsb terdaftar..dalam hal ini yakni samsat Sijunjung..sebaiknya karena domisili bapak sudah pindah ke kota padang sebaiknya kendaraannya juga dipindahkan ke padang..terimakasih

Balas

Mahasiswa

Assalamu'alaikum. Saya adalah mahasiswa semester 7 yang sedang menyusun skripsi. Pada kesempatan ini, saya mengangkat topik Pajak Daerah Prov. Sumatera Barat. Untuk itu saya ingin bertanya, bagaimanakah prosedur jika ingin melakukan penelitian di Badan Keuangan Daerah Sumatera Barat? Terimakasih Pak/Bu.

Balas

ADMIN

waalaikumsalam wr.wb.untuk melakukan penelitan persyaratan yang harus dipenuhi yakni surat pengantar resmi dari Universitas/ Kampus dimana adek mahasiswa kuliah.nanti Badan Keuangan Daerah akan membalas surat tersebut..terimakasih

Balas

Ade

Saya rencana mau beli mobil tua, tapi pajaknya sudah mati sekitar 12 tahunan, saya coba chek di https://dpkd.sumbarprov.go.id/info-pkb.html Plat nomor tidak terdaftar. Yang mau saya tanyakan apakah masih bisa di bayar pajak nya jika plat Nomornya sudah tidak terdaftar seperti itu.

Balas

masih bisa bapak,,asalkan kelengkapan dokumennya ada seperti BPKB, STNK,terimakasih

Balas

Rendi Pratama

Tidak ada, saudara/keluarga saya berdomisili berbeda kota/kabupaten dengan samsat asal dimana kendaraan saya terdaftar. Bagaimana solusinya? Apakah bisa dengan poin seperti pertanyaan saya atau bisa dilaporkan secara online seperti yg sudah terlaksana di propinsi dki jakarta?

Balas

ADMIN

silahkan singgah ke halaman facebook kami, kirimkan nomor polisi yg akan di blokir terus foto ktp bpk supaya kami bantu proses blokirnya https://www.facebook.com/dpkdprovsumbar terima kasih

Balas

Rendi Pratama

Apakah bisa melaporkan kendaraan yang telah dijual melalui surat permohonan yang dikirimkan ke samsat asal kendaraan tanpa harus datang langsung? Soalnya saat ini saya bekerja/berdomisili diluar sumatera barat.

Balas

ADMIN

apakah ada saudara yang tinggal di samsat asal?

Balas

Kapan lagi ada pemutihan pajak di provinsi sumbar pak? Provinsi tetangga (jambi dan sumatera selatan) baru-baru ini sedang melaksanakan pemutihan pajak.

Balas

ADMIN

untuk saat ini belum ada keputusan gubernur terkait hal tersebut, kalau ada pasti akan kami publish dan sosialisasikan ke masy melalui situs kami atau halaman facebook kami terima kasih

Balas

Roni martin

Nomor kendaraan saya kenapa tidak ada data nya pak

Balas

ADMIN

Silahkan kirimkan Foto SNK lembar 1 dan 2 ke halaman fb kami di https://www.facebook.com/dpkdprovsumbar

Balas

Nurdin Saleh

Saya berencana ikut lelang kendaraan dinas plat merah di sumbar, namun saya banyak sekali dapat info jika para pemenang lelang mesti merogoh kocek mahal untuk pengurusan pajaknya. Apakah memang tidak ada sosialisasi antara KPKNL, Ditlantas Polda dan Samsat Setempat tentang hal itu kepada peserta lelang?

Balas

arip

Balas

Lauda Sutan Mudo

Sebagai pelaku usaha bidang kargo/logistik, saya merasa sangat diberatkan oleh kenaikan pajak jenis mobil barang. Tahun lalu saya byr truk colt diesel sktr 3,6jt, tahun ini malah naik menjadi 4,7jt. Kemarin byr pajak truk engkel sebesar 2jt an yg biasanya hanya 1jt an. Td jg saya bayar pajak mobil box yg biasanya 1,3jt naik menjadi 2,5jt. Ada yg terjadi sebenarnya?

Balas

ADMIN

menurut permendagri tentang NJKB (nilai jual kendaraan bermotor) dan Nilai tambah ubah bentuk kendaraan angkutan barang tahun 2020 semua model truk di kenakan tarif nilai ubah bentuk karena memliki tambahan bak di belakangnya baik itu bak besi atau bak kayu atau engkel atau tanki atau tandem dan sejenisnya begitu juga dengan mobil box, dimana mobil box memiliki tambahan bentuk box di belakangnya sehingga di kenakan juga tarif nilai ubah bentuk sesuai dengan jenis dasarnya apakah pick up atau sejenisnya yang di tambah Box sehingga berubah menjadi pick up box terima kasih

Balas

INFO PAJAK KENDARAAN

Masukkan Nomor Plat Kendaraan

AGENDA KEGIATAN
    APBD
    APBD Tahun 2020 (Rp.000)
    Pendapatan Daerah6.541.809.730
    - Pendapatan Asli Daerah2.082.676.786
    - Dana Perimbangan4.396.280.577
    - Lain-Lain APBD Sah62.852.368
    Belanja Daerah7.497.197.676
    - Belanja Tidak Langsung4.397.042.214
    - Belanja Langsung3.100.155.461
    Pembiayaan470.671.000
    - Penerimaan Pembiayaan377.335.500
    - Pengeluaran Pembiayaan93.335.500
    REALISASI APBD
    Realisasi APBD Tahun 2020 (Rp.000)
    Pendapatan Daerah5.498.517.705
    - Pendapatan Asli Daerah1.843.350.936
    - Dana Perimbangan3.595.674.345
    - Lain-Lain APBD Sah59.492.424
    Belanja Daerah5.038.664.490
    - Belanja Tidak Langsung3.763.166.857
    - Belanja Langsung1.275.497.632
    Pembayaran308.404.594
    - Penerimaan Pembayaran328.404.594
    - Pengeluaran Pembayaran20.000.000
    INFO SP2D

    Fans Page

    LAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN ONLINE RAKYAT

    `